Rabu, 02 Januari 2013

APA ITU SABAR?

SABAR menghadapi UJIAN & COBAAN dalam HIDUP...

maka kita akan melihat betapa dekatnya kelapangan, & barangsiapa yang muraqabah (merasa diawasi) Allah, ia akan menjadi hamba yang Sabar & berhasil melalui ujian apapun dalam hidupnya seperti, petunjuk اللّهُ dalam al-quran S. At-Thur:48 : " Bersabarlah dalam menunggu ketetapan Tuhanmu, maka sesungguhnya kamu berada dalam penglihatan Kami & bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu ketika kamu bangun berdiri". & ketahuilah barangsiapa yang mengharap اللّهُ, maka اللّهُ ada dimana dia berharap..untuk meraih Ridho-Nya.

KeUTAMAan SABAR :

Memiliki kedudukan yang tinggi & mulia dalam Islam. Maka Al-Imam Ibnul Qayyim mengatakan, bahwa SABAR setengah dari KeIMANan & setengahnya lagi adalah SYUKUR...

Lebih jelas diuraikan dalam Al-Qur'an :

1. Sabar merupakan perintah mulia dari Rabb yang Maha Mulia.

2. Allah memuji orang yang SABAR...

3. Allah mencintai orang - orang yang SABAR sesuai Hadist : " Ketahuilah olehmu ! Bahwa datangnya pertolongan itu bersama dengan kesabaran "( HR.At-Tharmidzi dari shbt Ibnu Abbas ra)

4. Shalawat, Rahmat & Hidayah bersama orang - orang yang SABAR Lebih utama mengucapkan Istirja+doa : "Ya اللّهُ berilah ganjaran atas musibah yg menimpaku & gantilah musibah itu dengan yang lebih baik". ( Hadist riwayat Al-Imam muslim 3/918 dari Shahabiyah Ummu Salamah)

5. Mendapatkan ganjaran yang lebih baik dari amalan yang ia lakukan (-An-Nahl:126, Az-Zumar:10)

6. Mendapat ampunan dari اللّهُ & pahala yang besar. Dari 'Aisyah, beliau berkata: "Rasulullah saw bersabda : Tak ada suatu musibahpun yang menimpa seorang مسلم,melainkan اللّهُ telah menghapus dgn musibah itu dosanya. Meskipun musibah itu hanya duri yang menusuk dirinya. (HR.Al-Bukhari no.349 & Muslim 140-141/1062)

7. Mendapat martabat tinggi dalam Syurga (Al-Furqon 75 & disambut dgn penghormatan & ucapan selamat di dalamnya.

8. SABAR adalah jalan terbaik bagi siapa saja yang menginginkan dunia akherat. Sungguh mengagumkan urusan orang mukmin. Sungguh semua urusannya baik baginya, yang demkian itu tidaklah dimiliki seorangpun kecuali hanya org yang beriman. Jika mendapat kebaikan ia BerSYUKUR, & jika mendapat keburukan ia BerSABAR, maka itu merupakan kebaikan baginya. (HR.Muslim)

Semua amalan akan diketahui pahalanya kecuali keSABARan yang pahalanya tanpa batas. Seperti firman اللّهُ :

"Sesungguhnya orang - orang yang berSABARlah yang dicukupkan ganjaran/pahala mereka tanpa batas ". (QS. Az-Zumar 10)

GABUNG YUK di FP Apple ada banyak kata HIKMAH, RENUNGAN dan MOTIVASI

Bagikan tausiyah ini kepada teman-temanmu dengan meng-klik 'bagikan'/'reshare' dan undang temen2mu gabung dg klik ‘Invite Your Friends’

Tidak ada komentar:

Posting Komentar